Peninggalan Sejarah Indonesia Yang Mendunia

Peninggalan Sejarah Indonesia Yang Mendunia

Peninggalan Sejarah Indonesia Yang Mendunia

Indonesia adalah negara yang sangat besar dan punya banyak kebudayaan. Itu sebabnya, banyak peninggalan sejarah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kebudayaan Indonesia tentunya tidak berasal dari masa sekarang saja, namun merupakan warisan dari nenek moyang yang telah ada sejak berabad – abad lampau dan yang membentuk asal usul Nusantara kita. Kisah kehidupan nenek moyang tersebut merupakan bagian dari sejarah bangsa, yaitu cerita yang mengungkapkan kehidupan bangsa kita pada zaman lampau.

Setiap daerah tentu memiliki sejarah dalam perjalanannya. Peninggalan sejarah tersebut tentu memiliki keberagaman sesuai dengan daerahnya.

Tulisan

Ada beberapa peninggalan sejarah yang termasuk dalam kategori tulisan, yaitu:

Naskah Kuno

Naskah kuno adalah sebuah naskah yang isinya merupakan informasi penting tentang sebuah peristiwa.

Prasasti

Sama seperti naskah kuno, prasari juga berisi informasi mengenai sebuah kejadian peting.

Bangunan Candi

Candi adalah peninggalan bersejarah yang ada di Indonesia berupa bangunan kuno yang terbuat dari batu dan biasanya digunakan sebagai tempat pemujaan atau tempat ibadah untuk para umat Hindu dan Budha pada zaman dulu. Terdapat banyak sebaran candi di Indonesia :

  • Candi Borobudur merupakan candi paling terkenal di Indonesia juga merupakan candi terbesar di dunia , terletak di Magelang Jawa Tengah. Borobudur sudah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada tahun 1991.
  • Candi Padas adalah candi di Bali tepatnya di Tampak Siring.
  • Candi Sewu yaitu candi di Magelang, Jawa Tengah.
  • Candi Prambanan yaitu candi di Klaten, Jawa Tengah.

Benteng

Benteng adalahbentuk bangunan untuk keamanan dan pertahanan saat terjadinya perang. Benteng menjadi peninggalan zaman penjajah dan dibangun oleh bangsa penjajah maupun kerajaan di Nusantara.

Contoh peninggalah sejarah dalam bentuk benteng, yaitu :

– Benteng Otanah di Sulawesi

– Benteng fort de Kock di Sumatera Barat

– Benteng Portugis di Jepara

– Benteng Pendem di Cilacap

– Benteng Marlborough di Bengkulu

Arca

Arca adalah patung, baik terbuat dari batu atau perunggu. Contoh arca yang ada di Indonesia, seperti archa Ganesha, Arca Prajnaparamita, arca Buddha Amarawati, dan masih banyak lagi.

Gedung

Gedung yang pernah digunakan untuk berlangsungnya peristiwa sejarah, atau tempat yang dijadikan sebagai peninggalan sejarah, misalnya:

– Gedung Lawang Sewu di Semarang

– Istana Presiden di Tampak Siring, Bali

– Keraton Cirebon, Surakarta, dan Yogyakarta.

– Istana Bogor

Bangunan Masjid

Peninggalan berupa bangunan ini adalah tempat umat Islam beribadah, yang membuktikan bahwa pengaruh agama Islam di Indonesia telah ada sejak berabad – abad lampau. Beberapa masjid yang mengandung nilai sejarah di Indonesia yaitu Masjid Demak, Masjid Aceh, Masjid Agung Banten, Masjid Makan Sedang Duwur (Jatim), Masjid Kudus, Masjid Jami Pontianak dan Sejarah Masjid Agung Semarang.