Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Paling Dikenal

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Paling Dikenal

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Paling Dikenal -Telah kita ketahui bersama bawah berbagai kerajaan kerajaan kecil maupun besar telah ada di Indonesia pada zaman dulu. Dan itu juga termasuk kerjaan sriwijaya yang dimanan merupakan salah satu bentuk pemerintahan kerajaan kuno dengan agama Buddha yang paling berperngaruh di Indonesia pada zaman dulu.

Untuk lokasinya sendiri berada dari wilayah Kamboja, Thailand, Malaysia, Sumatera, Jawa Barat dan Jawa Tengah yang dimana sangat luas sekali pada zamannya. Mari kita Simak kembali berbagai peninggalan bersejarah dari kerajaan Sriwijaya Yang Sabgat berhaya pada abad ke 6 dan ke 7 Masehi dibawah.

3 Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Paling Dikenal

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Paling Dikenal

Jika membahas tentang peninggalan peninggalan dari Sriwijaya pasitnya kita telah tahu bahwa kerajaan yang pernah dipimpin oleh Raja Balaputradewa yang sangat luar biasa sebagai raja dan juga sangat ditakuti para negara negara sebelahnya.

Untuk lokasi dari kerajaan Sriwijaya sendiri berada di pantai timur seumatera dengan lokasi sekitar Kota Palembang dan Jambi. Dibawah ini adalah beberaoa peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya di Sumatera:

  • Prasasti Kedukan Bukit

Merupakan salah satu penemuan penting dan banyak dicari yang dimana adalah prasasti tertua dari kerajaan Sriwijaya di daerah Sungai Tatang. Untuk jenis prasasti ini telah ditemukan sejak tahun 605 saka yang dimana bertuliskan Sapounta Hyang Sri Jagayana yang merupakan perjalanan suci dengan menggunakan perahu suci dengan anggota sebanyak 20.00o anggota.

Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Paling Dikenal

  • Prasasti Talang Tuo

Meurpakan jenis prasti yan ditemukan pada kota Palembang di daerah Talang Tuo. Prasasti ini ditulis pada tahun 606 Saka atau sekitar 684 masehi. Prasasti ini menerangkan pembangunan taman yang disebut Sriksetra atas perintah Dapunta Hyang Sri Jagayana.

baca juga artikel selanjutnya mengenai http://antiquaexcelsa.com/peninggalan-kerajaan-aceh-sebagai-kerajaan-islam/

  • Prasasti Kota Kapur

Prasasti yang ditemukan di pulau Bangka yang perkiraan prasasti ini ada sejak 656 masehi. Prasasti ini berisi permintaan kepada para Dewa untuk menjaga kesatuan Sriwijaya. Prasasti ini juga berisi kutukan-kutukan terhadap mereka yang berbuat jahat, tidak tunduk kepada raja atau tidak patuh terhadap Kerajaan akan celaka.